Kandungan Nutrisi Ikan Teri

Dalam 100 gram ikan teri kering terkandung 170 kalori dan beberapa nutrisi berikut ini:

  • 33,4 gram protein
  • 3 gram lemak
  • 1,2 gram kalsium
  • 1,5 gram fosfor
  • 3,6 miligram zat besi
  • 0,15 miligram vitamin B1
  • 64 mikrogram vitamin A

Ikan teri juga kaya akan selenium dan asam lemak omega-3. Bahkan, kandungan asam lemak omega-3 dalam ikan teri tak kalah dengan ikan salmon, tuna, dan sarden.

Beragam Manfaat Ikan Teri untuk Kesehatan

Berkat kandungan nutrisinya yang melimpah, manfaat ikan teri sangatlah banyak untuk kesehatan tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat ikan teri bagi kesehatan:

1. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan asam lemak omega-3 dalam ikan teri baik untuk menjaga kesehatan jantung. Penelitian menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 dapat menurunkan kadar trigliserida dalam darah, menghambat pembentukan plak di pembuluh arteri, dan menurunkan tekanan darah.

Untuk menjaga kesehatan jantung, hindari mengolah ikan teri dengan cara digoreng. Hal ini karena menggoreng ikan teri dapat meningkatkan kadar lemak jenuh dalam ikan, sehingga berbahaya bagi penderita kolesterol tinggi dan penyakit jantung.

2. Menjaga kesehatan tulang

Manfaat ikan teri lainnya adalah membantu menjaga tulang tetap kuat. Hal ini karena ikan teri kaya akan kalsium dan fosfor yang baik untuk kesehatan tulang.

3. Mencegah penyakit Alzheimer

Asam lemak omega-3 dalam ikan teri berperan penting dalam pembentukan dan kinerja sel otak. Tubuh yang tidak cukup mendapatkan asupan asam lemak omega-3 dapat memicu penuaan otak dan meningkatkan risiko demensia dan depresi.

Penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi asam lemak omega-3 memiliki kadar protein beta-amyloid yang lebih rendah. Beta-amyloid sering kali dikaitkan dengan tanda-tanda penyakit Alzheimer.

4. Menjaga kesehatan mata

Menjaga kesehatan mata merupakan salah satu manfaat ikan teri yang bisa Anda ambil dari ikan kecil ini. Asam lemak omega-3 yang tinggi dalam ikan teri mampu mencegah degenerasi makula yang dapat mengganggu penglihatan Anda.

5. Membantu menurunkan berat badan

Ikan teri kaya akan protein yang dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Inilah yang membuat manfaat ikan teri mampu menurunkan berat badan. Selain itu, kadar protein yang tinggi dalam bahan makanan juga dapat membantu menjaga berat badan ideal.

Selain beberapa manfaat ikan teri di atas, ikan yang sering disajikan bersama sambal ini juga baik untuk dikonsumsi penderita diabetes karena mengandung lemak baik, vitamin, mineral, dan antioksidan. Ikan teri juga tidak mengandung karbohidrat, sehingga tidak memengaruhi kadar gula darah.

Meski banyak manfaat ikan teri bagi kesehatan tubuh, penderita asam urat disarankan untuk menghindari konsumsi ikan ini, terutama ikan teri yang diasinkan. Hal ini karena ikan asin mengandung senyama purin dalam jumlah yang tinggi, sehingga dapat menyebabkan kekambuhan asam urat.

Penelitian terkait manfaat ikan teri memang masih sedikit. Namun, tak ada salahnya memasukkan ikan teri dalam menu harian Anda, karena kandungan nutrisinya yang baik untuk kesehatan.

Untuk mengetahui porsi ikan teri yang tepat untuk dikonsumsi sesuai dengan kondisi kesehatan Anda, sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dengan dokter gizi.